Pengertian Dan Penggunaan Akun Ayat Silang Dalam Akuntansi

Pengertian dan Penggunaan Akun Ayat Silang Dalam Akuntansi – Salam sejahtera teman sekalian, kali ini saya akan membagikan sebuah perlakuan akuntansi terhadap suatu akun yang mungkin sangat jarang diajarkan di kursi kuliah, akun tersebut ialah Ayat Silang. Akun ini dalam prakteknya tidak jarang dipakai pada perusahaan menengah ke atas, dan kegunaannya ada banyak.

Sesuai judulnya, yang akan saya bahas di artikel ini mencakup pengertian akun ayat silang dan penggunaannya. Nah, kita pribadi saja ya pada pembahasan, silahkan simak berikut ini:

Ohiya, ada disclaimer dari pembahasan kali ini, pembahasan ini saya buat menurut pengalaman saya pribadi dikala masih bekerja di salah satu perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang kuliner. Jujur saja, saya belum pernah menjumpai buku akuntansi atau peraturan yang membahas terkait akun ayat silang (jika kalian tau acuan resmi, sanggup share via kolom komentar di bawah). Tapi, setau saja akun ayat silang sudah umum dipakai di perusahaan menengah ke atas, dan di perusahaan saya dulu sudah usang digunakan.

Sebelumnya, baca juga: Daftar nama dan instruksi rekening/akun dalam Akuntansi.
Pengertian dan Penggunaan Akun Ayat Silang Dalam Akuntansi Pengertian dan Penggunaan Akun Ayat Silang Dalam Akuntansi
Pengertian Akun Ayat Silang
Secara sederhana, akun ayat silang ialah akun yang dipakai sebagai akun lalulintas atau mediator pada transaksi yang tidak sanggup diakui sebagai biaya dan pendapatan, sehingga tidak akan muncul pada laporan laba-rugi. Akun ini sifatnya sementara, dalam artian pada tamat periode akuntansi normalnya (kadang tidak normal, akan dijelaskan pada tamat artikel) harus mempunyai nilai NOL. Dikarenakan normalnya harus bernilai NOL pada tamat periode, maka pada periode yang sama normalnya ada jurnal penyeimbang.

Dalam laporan keuangan, posisi akun ayat silang ada di laporan posisi keuangan (Neraca) sebagai aset, baik dikala nilainya sudah NOL atau belum NOL.

Sampai di sini masih belum jelas? Silahkan lanjut membaca..

Penggunaan Akun Ayat Silang
Ada macam-macam kegunaan akun ayat silang dalam dunia pembukuan akuntansi, beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Setor tunai yang gagal
Setor tunai di ATM (bukan lewat teller) kadang terjadi kegagalan lantaran aneka macam sebab, sehingga uang kas sudah terlanjur dimasukkan mesin ATM namun saldo bank belum bertambah. Di perusahaan kawasan saya bekerja dulu, dari 80 cabang rumah makan yang tersebar di jawa dan bali, setiap bulannya selalu saja ada cabang rumah makan yang mengalamiya. Karena tidak sanggup diakui sebagai biaya, sedangkan jikalau pribadi di catatkan sebagai penambah saldo bank nantinya akan kuat pada rekonsiliasi bank maka solusinya memakai akun ayat silang.

Ketika setor tunai gagal
Akun
Debet
Kredit
Ayat silang cabang 1
2.000.000

Kas

2.000.000

*Penamaan ayat silang bermacam-macam, sanggup ayat silang cabang 1, cabang 2, atau kantor pusat.
*Nominal 2.000.000 sebagai perumpamaan

Penyeimbang (ketika saldo bank sudah bertambah)
Akun
Debet
Kredit
Bank
2.000.000

Ayat silang cabang 1

2.000.000

2. Transaksi titipan antar cabang
Ketika perusahaan itu mempunyai banyak cabang, sering kali antar cabang tersebut melaksanakan kerjasama dalam pembelian barang dagang atau materi baku.
Advertisement


Misalnya, cabang 1 transfer uang ke cabang 2 untuk titip membeli materi baku senilai Rp. 1.000.000, maka penggunaan akun ayat silang sebagai berikut:

Cabang 2. Mendapat transferan dari cabang 1
Akun
Debet
Kredit
Bank cabang 2
1.000.000

Ayat silang cabang 2

1.000.000
Cabang 2. Membelanjakan uang titipan cabang 1
Akun
Debet
Kredit
Ayat silang cabang 2
1.000.000

Bank cabang 2

1.000.000
*cabang 1 tidak perlu menciptakan jurnal ayat silang, cukup menciptakan jurnal pembelian ibarat biasa dikala transfer ke cabang 2.

3. Transaksi tidak terdeteksi dan atau menunggu konfirmasi
Dalam aktivitas transaksi sehari-hari sangat mungkin terjadi banyak kesalahan pada bukti-bukti transaksi itu sendiri, khususnya pada pembelian atau pembelanjaan, contohnya nota rusak, hilang, atau tidak terbaca sehingga sulit untuk mengidentifikasi akun yang akan digunakan. Biasanya, untuk transaksi yang butuh konfirmasi dari pelaksana ibarat ini akan dimasukkan pada akun ayat silang terlebih dahulu.

Saat ada transaksi kurang jelas
Akun
Debet
Kredit
Ayat silang cabang 8
1.000.000

Kas/bank

1.000.000
Saat sudah dikonfirmasi dan ternyata pembelian ATK
Akun
Debet
Kredit
Biaya perlengkapan kantor
1.000.000

Ayat silang cabang 8

1.000.000
Itu jikalau transaksi yang ditemukan dan konfirmasi terjadi dalam satu periode akuntansi. Jika beda periode akuntansi maka umumnya akan mengurangi keuntungan ditahan (tapi tergantung kebijakan, jikalau kebijakan mengurangi biaya maka jurnalnya sama ibarat di atas, tidak berbeda). Jurnalnya jadi ibarat ini:

Saat konfirmasi beda periode akuntansi
 Akun
Debet
Kredit
Laba ditahan
1.000.000

Ayat silang cabang 8

1.000.000

Ketidaknormalan Ayat Silang
Seperti yang saya jelaskan di atas, ayat silang di tamat periode harus bernilai NOL sehingga dalam periode yang sama harus ada jurnal penyeimbangnya. Tapi dalam prakteknya, ayat silang sering tidak Nol di tamat periode, hal ini sanggup disebabkan banyak faktor ibarat transaksi yang belum terkonfirmasi. Dalam kondisi ibarat itu, saya menyebut sebagai ayat silang yang tidak normal, dalam artian harus dikontrol dan diberi perhatian ekstra di periode selanjutnya.

Apa itu menyalahi hukum akuntansi? Saya kira tidak, yang perlu diperhatikan ialah kau wajib memasukkannya dalam Catatan Atas Laporan Keuangan sebagai pengurang atau penambah keuntungan ditahan yang akan terjadi di periode selanjutnya.

---- 
Dari 3 pola penggunaan jurnal ayat silang di atas, sudah jelaskan? Walaupun gotong royong penggunaan akun ayat silang ini masih ada yang lebih komplek lagi, dimana akan melibatkan jurnal penghubung antara kantor pusat, kantor area, dan cabang. Tapi untuk sekarang, pahami dulu pola sederhana dari ayat silang di atas, nanti saya buatkan pembahasan yang lebih komplek sekaligus kaitannya dengan jurnal penghubung. Sekian pembahasan kali ini, jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.

Comments

Popular posts from this blog

Download Free Animasi Keren Dan Lucu

Jack Ma: Nantikan Agresi Aku Di Closing Ceremony Asian Games