20 Tips Menjadi Pengusaha Sukses Ala Bob Sadino

Bob Sadino, pengusaha nyentrik, yang selalu menggunakan celana pendek dan kemeja lengan pendek. Terkenal dengan cara "goblok" nya dalam berbisnis, akan membagikan tips-tips supaya menjadi pengusaha yang sukses. Mau tahu apa aja tipsnya?


Berikut 20 Tips Menjadi Pengusaha Sukses Ala Bob Sadino :

1. Realisasikan ilham secara maksimal
Sebenarnya, setiap orang itu mempunyai potensi dan impiannya masing-masing. Hanya saha yang menjadi hambatan yakni impian-impiannya itu tidak pernah dicoba untuk direalisasikan. Ada pepatah bijak mengatakan, “Ide-ide kecil yang terealisasi lebih baik dari ide-ide besar tapi belum diungkapkan.”

2. Harus berani memulai
Sebagian orang mungkin merasa bahwa bisnis itu yakni dunia yang bebas, tidak menentu pendapatannya sehingga takut untuk terjun ke dalamnya. Ini yang menjadi penghambat seseorang untuk sanggup memulai bisnisnya.

3. Jangan terlalu banyak analisis
Sebagian orang mungkin merasa bahwa bila mencoba berbisnis mereka tidak akan mendapat pendapatan yang niscaya menyerupai orang-oang kantoran atau takut rugi bila bisnisnya gagal. Justru inilah yang menghambat, kuncinya adalah JUST DO IT! Urusan hasil tergantung dari kerja keras dan perjuangan kita.

4. Jangan ingin serba instan
Fenomena masyarakat kita yang mempunyai antusiasme besar terhadap program seperti Indonesia Idol atau reality show yang berbau pencarian talenta menawarkan bahwa masih banyaknya orang-orang yang ingin mencapai kesuksesan secara instan. Padahal sesuatu yang didapatkan dengan gampang akan menghilang dengan cara yang gampang juga dan tentu ini tidak akan membentuk abjad insan yang tangguh.

5. Bermimpi besar
Kita lihat dari film Sang Pemimpi bahwa kekuatan mimpi itu sanggup menjadi pembakar semangat kita untuk meraih cita-cita. Ketiga sobat itu mempunyai mimpi besar untuk sanggup melanjutkan studi hingga ke luar negeri dan karenanya tercapai. Bill Gates, diawal karirnya pernah bermimpi bahwa setiap rumah akan mempunyai komputer dan sekarang terbukti

6. Jangan terpaku pada pendidikan
Tidak jarang fenomena masyarakat kita yang sanggup menjadi sukses tanpa melihat latar belakang penddikannya. Lihat saja Sujiwo tejo, dengan latar belakang pendidikan matematika sekarang ia malah menjadi seniman. Tidak selamanya latar belakang pendidikan memilih karir kita ke depan, terkecuali untuk karir di bidang pendidikan.

7. Berpikir Positif
Thomas Alfa Edison melaksanakan 999 kali percobaan tetapi masih gagal. Beliau berkata, “Akuberhasil menemukan 999 cara yang gagal dalam pembuatan lampu.” Ini menawarkan kekuatan berpikir postif akan memudahkan langkah kita.

8. Bekerja sama
Manusia yakni makhluk sosial sehingga tidak sanggup bekerja sendirian. Manusia saling membutuhkan, bohong besar bila ada orang yang meng-klaim dirinya sukses atas usahanya sendiri, niscaya di dalam kesuksesannya terdapat orang-orang yang membantu dia, baik secara pribadi maupun tidak langsung.

9. Tahu wacana kewirausahaan
Kita ingin “berperang” tetapi tidak mengetahui siapa musuh kita, itu merupakan kesalahan besar. Jika kita ingin memasarkan produk kita, tentu kita harus tahu pasar. Jangan hingga sesudah terjun ke lapangan kita mengalami kelabakan karena tidak hapal medan.

10. Fokus
Mungkin alasannya sifat ingin terburu-buru ingin kaya, kita mengambil spesialisasi bisnis terlalu banyak sehingga hasilnya pun tidak maksimal alasannya tidak sanggup dijalani secara fokus. Akibatnya konsentrasi terpecah, masih mending jika usahanya sukses, tetapi bagaimana bila keduanya gagal?

11. Peduli konsumen
Pembeli yakni raja. Bob sadino ini yakni orang yang selalu memerhatikan konsumennya. Caci maki dari seorang pembantu rumah tangga ia jadikan masukan bagi administrasi pemasarannya. Ia mengakibatkan keluahan konsumen sebagai masukan dan langkah perbaikan ke depannya.

12. Utamakan kualitas
Beliau sangat memerhatikan kualitas barang yang akan dijual. Beliau tidak ingin mengecewakan konsumen dengan barang yang rusak atau cacat.

13. Kerjakan semua dengan tuntas
Tidak bekerja setengah-setengah, apabila telah memulai suatu perjuangan maka kerjakanlah dengan serius. Jangan hingga berhenti di tengah jalan alasannya akan menyia-nyiakan harta, tenaga, waktu yang telah kita kerahkan untuk memulai bisnis.

14. Pandai menempatkan prioritas
Urutan kerja diurut menurut prioritas sehingga tidak ada pekerjaan menumpuk di akhir-akhir.

15. Kerja keras dan kerja cerdas
Banyak orang yang merasa telah bekerja keras namun tidak mendapat hasil yang maksimal. Misal saja mahasiswa tingkat selesai yang mengejar kelulusan di bulan Juli ini, walaupun ia tergolong mahasiswa yang mempunyai IPK di atas arata-rata, bagaimana bila ia lupa memperhitungkan jumlah SKS nya? Mungkin saja ia tidak jadi lulus Juli alasannya kurang 1 SKS saja. Ia lupa bekerja cerdas, lupa strategi.

16. Tidak mencampuradukkan uang pribadi dan perusahaan
Hal ini sanggup memacu tindakan korupsi, walaupun dalam jumlah yang kecil. Uang perusahaan sanggup saja tercampur dengan uang pribadi alasannya terdapat keteledoran dalam hal pencatatan keuangan. Sebainya rekeningnya dipisah, untuk memudahkan pengaturan keuangan juga.

17. Jangan menyerah
Kegagalan yakni bumbu kehidupan, kegagalan menciptakan kita sanggup menjadi insan tangguh.

18. Selalu melibatkan Allah dalam setiap aktivitas
Dengan mengingat Allah hati menjadi tenang. Dalam segala kegiatan kita akan bernilai ibadah.

19. Berperilaku baik
Inilah mata uang yang berlaku dimana saja. Dengan sikap yang baik, masyarakat akan menaruh kepercayaan kepada kita sehingga orang-orang akan percaya akan dapat dipercaya kita. Kita pun sanggup dengan gampang masuk dalam lingkungan masyarakat.

20. Harus Mempunyai Kemauan
Kemauan harus dilandasi dengan tekad yang bulat, dan harus berani dalam mengambil peluang yang ada.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Dan Penggunaan Akun Ayat Silang Dalam Akuntansi

Download Free Animasi Keren Dan Lucu

Jack Ma: Nantikan Agresi Aku Di Closing Ceremony Asian Games