Pentingnya Mengucapkan Salam Yang Benar

 semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat Pentingnya Mengucapkan Salam Yang Benar
Assalamualaikum sobat pembaca setia. Gimana kabarnya? semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat. Pada artikel sebelumnya yang berjudul Pentingnya Mengucap Bismillah Sebelum Melakukan Aktivitas Yang Bermanfaat, telah dibahas mengapa dan kapan kita harus mengucapkan kata bismillah. Oleh lantaran itu, kali ini akan dibahas ihwal mengapa dan kapan kita harus mengucapkan salam, serta bagaimana salam yang benar diucapkan.

Mengapa Anda Mengucapkan Salam?
Kita mengucapkan salam lantaran ingin saling mendoakan, benar bukan? Kebanyakan umat muslim melakukannya supaya senantiasa selamat dunia akhirat. Hal tersebut lantaran kata salam yang kita ucapkan ialah doa kepada orang lain yang mendengarkan dan sebaliknya, bila tidak menjawab salam yang didengar walaupun mungkin bukan tertuju kepada Anda hukumnya tetap berdosa. Lagian dengan menjawab salam kita telah mendoakan orang lain dan kita pula didoakan oleh orang lain. 

Apakah sobat pembaca tau bila ada mencuri yang dibolehkan? Mencuri salam ialah kasus yang dibolehkan. Terkadang Anda mendengar ada orang lain yang mengucapkan salam kepada temannya dan apakah Anda dihentikan menjawabnya? Padahal terang itu bukan ditujukan kepada Anda. Tentu saja Anda boleh menjawabnya, lantaran menjawab salam itu wajib perkaranya apa bila didengar. Oleh lantaran itu dikatakan mencuri salam, lantaran Anda menjawab salam yang tidak ditujukan kepada Anda.

Kapan Sebaiknya Mengucapkan Salam?
Mengucapkan salam sebaiknya dilakukan dikala berkunjung kesuatu tempat, entah dirumah teman, keluarga, kenalan, dll. Tidak hanya itu, bila mendatangi suatu tempat memang harus mengucapkan salam, lantaran didunia ini ada penghuni selain manusia. Mereka akan terganggu bila Anda memasuki tempat mereka tanpa permisi terlebih dahulu.

Saat berpapasan dengan dengan orang lain yang Anda kenal juga sebaiknya menegur dengan mengucapkan salam. Ada baiknya untuk bersalaman untuk mempererat tali silaturahmi, tetapi ingat untuk bersalaman sama muhrimnya saja ya.

Mengucapkan Salam Lewat Tulisan
Ketika SMSan sebaiknya mengucapkan salam terlebih dahulu. Akan tetapi, salam yang dituliskan sebaiknya dalam bentuk sebenarnya, jangan disingkat atau diubah. Mengapa demikian? Ingatlah sobat pembaca dimana pun Anda berada, "lain goresan pena lain pula artinya". Saya pernah sanggup sms yang diawali dengan goresan pena "Ass", berdasarkan sobat ini artinya apa? Dalam bahasa inggris "Ass" itu artinya pantat/bokong, buruk bangetkan artinya. Masih banyak lagi kesalahan goresan pena salam yang sering saya dapatkan melalui sms menyerupai As (orang bodoh/keledai), Askum (celakalah kamu), Assamu (racun), Samlekum (matilah kamu), dan sebagainya.

Sebenarnya untuk pengucapan salam yang pendek, sedang, dan panjang telah dicontohkan oleh nabi dan tidak merubah makna aslinya, menyerupai :

  • Salam Pendek : "Assalamualaikum" (dengan 10 kebaikan)
  • Salam Sedang : "Assalamualaikum warohmatulloh" (dengan 20 kebaikan)
  • Salam Panjang : "Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh" (dengan kebaikan sempurna)


Sekian isu yang sanggup saya berikan untuk Anda, semoga sanggup Anda terapkan dalam kehidupan yang sesungguhnya dan jangan cuma dibaca. Bila ada yang ingin didiskusikan, silahkan tuliskan pada kolom komentar yang tersedia dibawah ini. Mohon maaf bila ada salah kata wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Syukron kasyiron.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Dan Penggunaan Akun Ayat Silang Dalam Akuntansi

Download Free Animasi Keren Dan Lucu

Jack Ma: Nantikan Agresi Aku Di Closing Ceremony Asian Games