Cara Mempertahankan Karyawan Berbakat Biar Tidak Pergi Dari Perusahaan

Cara Mempertahankan Karyawan Berbakat Agar Tidak Pergi Dari Perusahaan – Memiliki karyawan berbakat, terbaik, dan berkualitas tinggi merupakan suatu anugrah bagi seorang pengusaha, rasanya akan sangat disayangkan kalau karyawan tersebut harus pergi. Apalagi, dari dulu hingga kini mencari karyawan yang berbakat dan berkualitas tinggi itu sulit, begitu kau dapet karyawan menyerupai yang kau inginkan tetap saja ada resiko bahwa mereka suatu ketika akan keluar dari perusahaan.

Yang paling berbahaya dari keluarnya karyawan berbakat yaitu kalau mereka keluar dan bergabung dengan perusahaan pesaing, mereka tentu mengetahui kelebihan dan kelemahan dari perusahaan sehingga mereka berpotensi memakai hal tersebut untuk melawan kamu. Hal ini tentu bikin kau ketar ketir.

Tentu bagi seorang pengusaha akan sangat merugikan kalau harus kehilangan karyawan terbaiknya, oleh alasannya itulah sudah sepatutnya kau berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan mereka. Tapi perlu dicatat, cara mempertahankannya jangan hingga memohon-mohon, cara tersebut sangat tidak pantas untuk dilakukan alasannya masih ada cara elegan yang bisa kau coba.

Nah, apa sajakah cara-cara mempertahankan karyawan berbakat, terbaik, dan berkualitas tinggi itu? Berikut ulasannya:

Sebelumnya, baca juga: Cara merekrut karyawan yang berkualitas tinggi.

Cara Mempertahankan Karyawan Berbakat Agar Tidak Pergi Dari Perusahaan Cara Mempertahankan Karyawan Berbakat Agar Tidak Pergi Dari Perusahaan

Selalu Memberi Peluang
Saya kira tidak ada karyawan yang mau mengerjakan hal itu-itu saja, setiap karyawan saya yakin mempunyai ambisi untuk berkembang dan memegang tanggungjawab yang lebih besar. Jika tidak ada perkembangan dalam beberapa tahun, sangat mungkin mereka akan mengalami kebosanan dan karenanya berhenti bekerja di perusahaan tersebut.

Hal menyerupai di atas cukup sering terjadi, terutama bagi karyawan yang ekonominya sudah terbilang stabil. Karyawan berbakat dengan kondisi keuangan yang stabil menyerupai ini sudah tidak menomorsatukan gaji, tapi hal utama yang mereka inginkan yaitu perkembangan, perkembangan, dan perkembangan. Pertanyaannya, perkembangan yang menyerupai apa? Jelas, perkembangan yang dimaksud yaitu perkembangan dari sisi kemampuan teknis/non-teknis dan pengalaman.

Dalam kondisi menyerupai itu, peluang menyerupai apa yang bisa diberikan oleh seorang pengusaha? Pertama, kau bisa mengadakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mereka, bisa juga memperlihatkan kiprah dan mendelegasikan kiprah yang lebih besar, atau beri kenaikan jabatan. Hal-hal semacam itu akan sangat memotivasi mereka.

Budaya dan Lingkungan Kerja
Budaya dan lingkungan kerja diciptakan oleh gaya administrasi dari suatu perusahaan, setiap keputusan administrasi akan menghipnotis budaya dan lingkungan kerja itu sendiri. Dampaknya, semua pihak dalam perusahaan itu mau tak mau harus mengikutinya. Jika gaya administrasi diterima dengan baik oleh karyawan, maka hal itu akan sangat bagus, tapi kalau sebaliknya maka akan membuat karyawan di perusahaan itu merasa tidak nyaman.

Budaya dan lingkungan kerja banyak bentuknya, contohnya bagaimana cara kerja perusahaan itu, bagaimana kinerja itu dinilai, transparansi dalam kenaikan jabatan, cara menghadapi persaingan bisnis, bagaimana komunikasi, dan rasa saling kepercayaan dibangun, serta masih banyak lagi.

Memang sulit kalau harus membuat sistem yang diterima oleh semua orang, namun kau bisa meminimalisirnya. Caranya, ketika akan membuat hukum atau kebijakan, sebisa mungkin libatkan karyawan yang bersangkutan, selain itu ada baiknya kau melaksanakan survei atau semacamnya untuk mengetahui kepuasan karyawan terhadap budaya dan lingkungan kerja. Dengan begitu, kau mempunyai potensi besar untuk mempertahankan karyawan terbaik kamu.
Advertisement


Jaga Reputasi Perusahaan
Jika tidak terpaksa, saya yakin tidak ada karyawan yang mau bekerja di perusahaan dengan reputasi yang buruk, dan karyawan berbakat itu tidak ada kata terpaksa alasannya mereka mempunyai kemampuan yang banyak dicari perusahaan lain. Jadi, begitu perusahaan kau dicap dengan reputasi buruk, ada potensi besar karyawan-karyawan berbakat kau akan keluar.

Sudah terang ya, reputasi jelek membuat mereka tidak nyaman dan tidak PD untuk tetap bekerja di perusahaan. Sebaliknya, kalau mereka bekerja di perusahaan dengan reputasi baik, di situ ada suatu pujian yang begitu besar, apalagi kalau perusahaan kau mempunyai merk yang populer, saya yakin karyawan akan berpikir ulang kali untuk berhenti bekerja di perusahaan kamu.

Dengan menjaga reputasi perusahaan tetap baik, kau benar-benar mempunyai potensi besar untuk mempertahankan karyawan berbakat yang kau miliki. Selain mereka merasa PD dan nyaman, mereka juga percaya bahwa perusahaan dengan TOP reputasi sanggup memperlihatkan mereka karir yang manis di masa depan.

Gaji, Tunjangan, dan Komisi Yang Kompetitif
Tidak semua karyawan berbakat dan terbaik itu sudah mempunyai keuangan yang stabil, sangat mungkin mereka masih mengejar honor yang lebih tinggi dari rata-rata, apalagi persoalan keuangan ini sering menjadi senjata bagi para pesaing untuk mencuri karyawan kamu, jadi kau memang perlu untuk mempertimbangkan memberi gaji, tunjangan, atau komisi yang lebih tinggi dari perusahaan lain.

Tapi yang jelas, kau wajib memperlihatkan gaji, tunjangan, dan komisi diangka rata-rata atau UMR, alasannya bagaimanapun mereka juga punya kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi, apalagi kalau mereka sudah berkeluarga.

Manfaat Lebih Yang Dapat Diperoleh Karyawan
Ini yaitu cara mempertahankan karyawan berbakat dan terbaik yang terakhir, dan cara ini terbukti telah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan TOP dunia menyerupai Google, dan cara ini bisa kau tiru dengan mudah. Cara ini mengedepankan kepuasan karyawan.

Contohnya, mengadakan acara yang melibatkan keluarga karyawan menyerupai berwisata bersama, ini akan sangat membuat karyawan senang alasannya sanggup menghemat keuangan sekaligus bersenang-senang dengan keluarga.

Contoh lainnya, menyediakan makan siang di kantor secara gratis, atau memperbolehka karyawan untuk membawa hewan peliharaan atau tanaman favoritnya, bisa juga dengan memperlihatkan keleluasaan untuk menentukan daerah bekerja. Hal-hal menyerupai ini benar-benar akan membuat para karyawan betah di perusahaan kamu.

Mungkin akan membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal, namun saya yakin kinerja karyawan sanggup meningkat, yang sebelumnya berbakat menjadi super berbakat alhasil laba dan berkembangan perusahaan pun juga akan meningkat.

Selanjutnya: 5 cara mengatasi karyawan yang malas, bandel, dan sulit diatur.
----
Oke ya, itulah sedikit ulasan wacana cara mempertahankan karyawan berbakat, terbaik, dan berkualitas tinggi semoga tidak pergi dari perusahaan kamu. Saya harap ulasan di atas bermanfaat dan membantu kau untuk mencegah hengkangnya karyawan favorit dan tercinta. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Dan Penggunaan Akun Ayat Silang Dalam Akuntansi

Download Free Animasi Keren Dan Lucu

Jack Ma: Nantikan Agresi Aku Di Closing Ceremony Asian Games