Tips Ikut Festival Bisnis Untuk Mempromosikan Usaha

Tips Ikut Pameran Bisnis Untuk Mempromosikan Usaha – Pameran bisnis merupakan salah satu event yang sangat bermanfaat untuk para pelaku bisnis. Di event ini, ada banyak hal yang sanggup dilakukan, ibarat mencari modal, pemasok, penyalur, partner, dan sebagainya. Tujuannya ya cuman satu, yakni untuk promosi dalam rangka menyebarkan bisnisnya.

Di indonesia sendiri, pekan raya bisnis makin sering diadakan mengingat makin banyaknya pula pengusaha-pengusaha muda yang bermunculan. Seperti yang kalian ketahui, sekarang aneka macam startup-startup yang bermunculan, apalagi di bidang teknologi dan kuliner.

Hal tersebut tentu dimanfaatkan oleh Event Organizer sebagai pihak penyelenggara pekan raya bisnis, para penyelenggara tersebut berlomba-lomba mengadakan pekan raya bisnis. Walaupun aneka macam diadakan, nyatanya pekan raya bisnis selalu ramai. Hal ini menerangkan bahwa iklim bisnis di indonesia sangat bagus.

Kalian sebagai pemilik bisnis, sudah seharusnya ikut event ibarat ini, apalagi kalau bisnis kalian masih dalam tahap berkembang. Dijamin manfaat yang kalian terima akan sangat besar selama dilakukan secara tepat. Nah, biar manfaat yang diterima besar, apa yang harus dilakukan? Berkaitan dengan hal tersebut, saya ada beberapa tipsnya, silahkan simak ulasannya berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Strategi marketing Lazada terbukti ampuh, tirulah ini!

Tips Ikut Pameran Bisnis Untuk Mempromosikan Usaha Tips Ikut Pameran Bisnis Untuk Mempromosikan Usaha

Tema Pameran Bisnis Sangatlah Penting
Rasanya kurang sempurna kalau kalian asal dalam mengikuti suatu pameran. Walau itu merupakan pekan raya bisnis, tapi kalau temanya tidak sesuai dengan bisnis kau maka sebaiknya jangan memaksakan untuk mengikutinya, bukannya bermanfaat tapi malah akan sia-sia. Perlu kau tau, pekan raya bisnis itu sering ada temanya, misalkan tema bisnis fashion, kuliner, teknologi, atau sanggup juga tema umum.

Dengan begitu, sebaiknya kalian hanya mengikuti pekan raya bisnis yang sesuai dengan bisnis kalian saja, atau sanggup juga pekan raya bisnis yang temanya umum di mana segala jenis industri bisnis cocok untuk mengikutinya.

Gimana kalau dalam satu waktu ada dua pameran, yang satu temanya sesuai dengan bisnis dan yang satu temanya umum? Kalau ini problem prioritas saja, saya sendiri kalau ada kondisi ibarat itu niscaya akan lebih memprioritaskan pekan raya bisnis yang sesuai dengan bisnis saya.

Utamakan Pameran Bisnis Dari Event Organizer Yang Berpengalaman
Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa makin maraknya bisnis-bisnis gres bermunculan menjadikan banyaknya pekan raya bisnis yang diadakan oleh banyak event organizer. Apa kau yakin semua event organizer tersebut sudah berpengalaman dan profesional? Saya kira tidak, nyatanya juga begitu alasannya saya sendiri pernah mengalaminya.

Saya sendiri pernah mengalaminya walaupun bukan pekan raya bisnis, tapi suatu program yang dikelola oleh pihak yang tidak berpengalaman dan tidak profesional, akhirnya apa? Well, bukan kacau balau lagi, tapi acaranya benar-benar gagal total.
Advertisement


Nah, bagi kalian yang ingin ikut suatu pekan raya bisnis, ada baiknya untuk sekedar mengecek siapa event organizernya, kemudian cari tahu track recordnya. Selain itu, kalau kau sudah tau ada EO terpercaya, sebaiknya tanyakan eksklusif ke mereka saja apakah ada pekan raya bisnis yang akan segera diadakan.

Pilihlah Lokasi Yang Strategis
Di dunia bisnis, problem lokasi selalu saja menjadi faktor yang krusial. Baik dalam operasional, pemasaran, dan sebagainya, bahkan saat akan mengikuti event pekan raya bisnis pun lokasi menjadi sangat penting. Di sini, ada dua macam lokasi yang perlu kalian perhatikan, yakni lokasi di mana pekan raya diselenggarakan, dan lokasi di mana stand kalian didirikan (jika kalian membuka stand.)

Lokasi di mana pekan raya diselenggarakan, ini berkaitan dengan seberapa bergengsinya pekan raya bisnis tersebut. Biasanya kalau pekan raya diadakan di lokasi yang iklim ekonominya tinggi, maka pekan raya tersebut cukup bergengsi, artinya pesertanya juga tidak main-main.

Sedangkan untuk lokasi di mana stand kalian berdiri, tentu saja ini berkaitan dengan keterlihatan oleh penerima pameran. Semakin baik lokasi stand, maka semakin baik pula keterlihatannya, kalau keterlihatannya tinggi maka tujuan kau untuk tercapai persentasenya akan tinggi pula. Tapi yang perlu diingat, lokasi stand yang anggun biasanya harganya juga mahal, oleh alasannya itu siap-siaplah dengan dana yang dibutuhkan.

Persiapkan Perlengkapan Dengan Baik
Di sini kalian perlu untuk menganalisis seberapa besar pekan raya tersebut, berapa kira-kira penerima yang akan mendatangi stand kalian? Semua itu sangat berkaitan dengan seberapa banyak perlengkapan yang perlu disiapkan. Misalnya saja jumlah brosur, sample produk, dan sebagainya.

Sangat sayang ‘kan kalau perlengkapan kalian habis sebelum pekan raya bisnis berakhir, padahal sanggup saja tujuan kalian akan tercapai diakhir-akhir pameran, apalagi kalau bisnis kalian merupakan bisnis masakan di mana sample produk yang diharapkan relatif banyak.

Kalau di bisnis kuliner, orang nyoba produk berarti dimakan atau diminum, artinya sudah tidak sanggup dipakai lagi. Beda kalau produk teknologi atau kerajinan tangan, penerima nyoba tentu setelahnya sanggup dipakai lagi. Artinya apa? Cobalah untuk menyiapkan semua hal biar nantinya tidak mensia-siakan waktu, tenaga, dan biaya yang dipakai untuk mengikuti suatu pekan raya bisnis.

Memperkaya Informasi Tentang Pameran
Tips terakhir ini akan sangat baik kalau kalian lakukan, yakni memperbanyak isu terkait pameran-pameran lain yang akan diselenggarakan. Ada banyak isu yang sanggup kalian dapat, sanggup lewat internet, teman, atau tanyakan eksklusif kepada EO yang kalian kenal. Ingat ya, sebisa mungkin jangan hingga ketinggalan event ibarat ini, alasannya kalau bisnis kalian masih dalam tahap berkembang, pekan raya bisnis merupakan salah satu kawasan terbaik untuk memaksimalkannya.

Selanjutnya: Bahasa marketing yang terbukti ampuh dan efektif.
----
Oke ya, itulah sedikit ulasan dari saya wacana tips ikut pekan raya bisnis untuk mempromosikan usaha. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu mensukseskan pekan raya yang akan kalian ikuti. Oiya, jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Dan Penggunaan Akun Ayat Silang Dalam Akuntansi

Download Free Animasi Keren Dan Lucu

Jack Ma: Nantikan Agresi Aku Di Closing Ceremony Asian Games