Pentingnya Pembukuan Akuntansi Untuk Bisnis Umkm

Pentingnya Pembukuan Akuntansi Untuk Bisnis UMKM – Kalau kalian cermati, di bisnis apapun sesungguhnya tidak bisa lepas dari yang namanya akuntansi, bahkan untuk bisnis kecil sekalipun menyerupai ecer pulsa, angkringan, jual gorengan, es, dan sebagainya niscaya membutuhkan ilmu akuntansi. Apa kau tahu, saat kalian menghitung keuntungan, sesungguhnya kalian secara tidak sadar sudah menerapkan ilmu akuntansi, walau mungkin tidak rapi dan hanya kalian yang bisa memahami alur perhitungannya.

Walaupun masih dalam hal-hal yang sederhana, namun perlu diakui bahwa ilmu akuntansi memang perlu dipakai bahkan untuk bisnis kecil sekalipun. Lalu, kalau memang akuntansi itu penting, bagaimana untuk pebisnis yang tidak memahami akuntansi? Well, gampang banget, nanti di bawah akan saya berikan solusinya bagi yang tidak mempunyai latarbelakang akuntansi, tapi kita membahas manfaat dan pentingnya pembukuan akuntansi untuk bisnis UKM terlebih dahulu saja.

Nah, untuk keuntungannya sendiri banyak banget, bisa dikatakan kalau perkembangan bisnis kalian hampir tidak mungkin dilakukan tanpa adanya pembukuan akuntansi, tidak percaya? Silahkan simak uraiannya berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Pentingnya karyawan perempuan di perusahaan kalian, jangan abaikan ini!

Pentingnya Pembukuan Akuntansi Untuk Bisnis UMKM Pentingnya Pembukuan Akuntansi Untuk Bisnis UMKM

Memahami Keuangan Perusahaan Dengan Baik
Dalam akuntansi, laporan keuangan terdapat 5 komponen, yaitu laporan laba-rugi, neraca atau laporan posisi keuangan, laporan arus kas, laporan perubahan modal, serta catatan atas laporan keuangan. Kelima komponen tersebut sama pentingnya, khususnya neraca, laba-rugi, dan arus kas yang sulit diketahui tanpa adanya pembukuan yang baik.

Dalam laporan laba-rugi, di sini kalian akan memahami bagaimana keuntungan atau rugi tercipta. Lebih lanjut, kau sanggup mengetahui biaya apa yang paling besar sehingga bisa dimonitor dengan baik. Begitu pula dengan pendapatan atau penjualan apa yang paling berkontribusi, sehingga kedepannya bisa lebih dimaksimalkan.

Untuk neraca sendiri, kau bisa melihat posisi keuangan dengan terperinci yang mencakup posisi total harta yang dimiliki termasuk jumlah uang tunai atau di bank, jumlah persediaan, harta berupa kendaraan, tanah, bangunan dan sebagainya. Selain harta, kau juga sanggup melihat posisi kewajiban yang harus dibayar, termasuk kewajiban jangka panjang maupun jangka pendek. Tidak luput pula, kalian sanggup memonitori posisi ekuitas/modal yang kalian miliki di perusahaan.

Sedangkan untuk laporan arus kas, kalian sanggup memantau penggunaan dan pemerolehan kas selama periode tertentu. Ada tiga penggunaan dan pemerolehan kas dalam laporan ini, yaitu penggunaan dan pemerolehan kas dari kegiatan operasi, investasi, dan yang terakhir ialah kegiatan pendanaan.

Untuk laporan perubahan modal sendiri akan membantu kau mengetahui bagaimana modal kalian di perusahaan sanggup berubah, misalkan modal bertambah sebab adanya laba, atau sebaliknya. Sedangkan catatan atas laporan keuangan sanggup membantu kau dalam menawarkan klarifikasi terkait penyusunan laporan keuangan terkait, misalkan klarifikasi wacana metode yang digunakan, kebijakan-kebijakan, dan lain sebagainya.

Membantu Dalam Pengambilan Keputusan
Sadar tidak kalau kebanyakan keputusan bisnis yang kalian ambil itu didasari pada data keuangan? Bisa dibayangkan, bagaimana keakuratan keputusan yang kalian ambil tersebut kalau data dan laporan keuangannya saja awut-awutan dan kurang bisa diandalkan. Perlu diakui bahwa dengan dengan data dan laporan keuangan yang baik, kalian akan lebih gampang dalam melaksanakan analisis-analisis yang diperlukan.

Dari kelima komponen laporan keuangan yang sudah saya jelaskan di atas, bisa dibilang itu hanyalah setengah dari manfaat utama laporan keuangan, setengahnya lagi bisa kalian peroleh dari data-data keuangan lainnya. Misalkan dari data penjualan, dari laporan data ini kalian sanggup mengetahui produk apa yang paling laris, mengetahui siapa pelanggan paling potensial, atau sebaliknya mengetahui produk dan pelanggan yang perlu dimaksimalkan lagi.
Advertisement


Lebih jauh lagi, dari data-data keuangan yang ada, kalian bisa pula menggunakannya sebagai alat prediksi. Misalnya, dari data harga, dari sini kalian sanggup mempelajari isu terkini kenaikan atau penurunan harga penjualan maupun pembelian sehingga kedepannya kalian sanggup menciptakan perencanaan wacana kenaikan atau penurunan yang mungkin akan terjadi.

Nah, dari sini kalian sendiri niscaya sudah ada citra bahwa pembukuan akuntansi itu begitu penting. Dengan mengetahui data-data keuangan secara rinci, kalian sanggup memutuskan sesuatu dengan lebih yakin.

Mempermudah Mendapatkan Pinjaman Dari Bank
Pinjaman dari bank merupakan salah satu pemerolehan pendanaan yang sering diterima oleh para pebisnis, tidak hanya dalam bentuk modal awal saja namun santunan bank ini juga bisa dipakai sebagai modal kerja/dana operasional. Nah, perlu kau tau ya, selama kalian pinjam uang di bank untuk bisnis, kalian akan selalu dimintai laporan keuangan yang sanggup mereka pahami, dalam artian tidak bisa memakai laporan keuangan versi kalian yang mungkin sedikit sulit dipahami.

Sama halnya dengan kalian memakai laporan keuangan untuk analisis, bank juga menggunakannya untuk menganalisis prospek bisnis kalian. Hanya saja, bank tidak membutuhkan data keuangan rincian menyerupai data penjualan terbaik, biaya terbesar, dan sebagainya, pihak bank biasanya hanya membutuhkan 5 komponen laporan keuangan yang saya sebutkan di atas.

Mudah Pula Untuk Menarik Perhatian Para Investor
Ini sama halnya saat kalian mencari santunan di bank, investor pun lebih sering memerlukan laporan keuangan yang menggambarkan potensi dari bisnis kalian. Cuman, tidak selalu investor membutuhkannya, terkadang startup bisa memperlihatkan potensi bisnisnya dari peluang-peluang yang ada, tidak melalui laporan keuangan.

Ini sesungguhnya tergantung juga dengan besar kecilnya bisnis yang telah kalian rintis, kalau bisnisnya memang belum usang berdiri maka biasanya investor menilai dari prospek dan peluang dari bisnis tersebut. Sedangkan kalau bisnis sudah tidak mengecewakan usang dan sedang membutuhkan suntikan dana untuk berbagi bisnis, nampaknya investor lebih condong untuk menganalisi laporan keuangannya walaupun tentu saja dengan mempertimbangkan prospek dan peluang dari bisnis itu sendiri.

Solusi Untuk Pembukuan Akuntansi
Setelah kalian membaca betapa pentingnya pembukuan akuntansi untuk bisnis UMKM di atas, saya yakin kalian sudah mulai memikirkannya juga, iya’kan? Kalau iya, jangan ragu untuk mulai melaksanakan pembukuan akuntansi dengan rapi dan sesuai standar biar pihak lain yang berkepentingan juga bisa memahaminya.

Iya, saya mau, tapi saya tidak bisa melaksanakan pembukuan akuntansi dengan baik, gimana dong? Well, jangan khawatir, solusinya sangat gampang yaitu dengan memakai software akuntansi yang bisa dipakai oleh siapapun juga, bahkan untuk orang yang pendidikannya bukan akuntansi. Software akuntansi ada banyak, tapi saya merekomendasikan software Zahir Accounting.

Kenapa Zahir Accounting dan bukan yang lain? Ini sebab saya sendiri sudah sering sekali menggunakannya dan ternyata cara penggunaannya sangat mudah. Software ini merupakan software yang terbukti terbaik untuk UKM, sudah dipakai oleh lebih 60.000 klien di indonesia. Info lengkap: zahiraccounting.com.

Selanjutnya: Ingin sukses? Tirulah perilaku nabi Muhammad dalam berbisnis ini!
----
Oke ya, itulah sedikit ulasan dari saya wacana betapa pentingnya pembukuan akuntansi untuk bisnis UMKM. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu kalian dalam berbagi bisnis. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Dan Penggunaan Akun Ayat Silang Dalam Akuntansi

Download Free Animasi Keren Dan Lucu

Jack Ma: Nantikan Agresi Aku Di Closing Ceremony Asian Games