Waralaba Tiki: Bisnis Jasa Pengiriman Yang Semakin Menggiurkan

Waralaba TIKI: Bisnis Jasa Pengiriman Yang Semakin Menggiurkan - Pernah mengirim atau mendapatkan paket? Tentu pernah, bukan. Apalagi zaman online shop menyerupai sekarang. Online shop juga menciptakan jasa ekspedisi makin berkibar. Salah satunya yaitu TIKI. Tiki berawal dari tahun 1970-an, tepatnya 1 September 1970 oleh H.Soeprapto dan Hj Nuraini membentuk CV. Titipan Kilat yang berkantor di jalan Raden Saleh Raya no 2 Jakarta Pusat.

Perusahaan ini melihat peluang bisnis tingginya volume barang dan dokumen dibandara yang membludak. Saat itu hanya mempunyai 2 cabang yaitu cabang semarang dan cabang pangkal pinang. Seiring dengan perkembangan perusahaan, TIKI mengalami perkembangan yang pesat hingga mempunyai cabang diseluruh Indonesia. Dua puluh tiga tahun kemudian, tanggal 31 Desember 1993 CV. Titipan Kilat menjadi perusahaan Perseroan Terbatas dengan nama PT. Citra Van Titipan Kilat.

Sebelumnya, baca juga: Tips menentukan waralaba yang baik.
 Bisnis Jasa Pengiriman Yang Semakin Menggiurkan Waralaba TIKI: Bisnis Jasa Pengiriman Yang Semakin Menggiurkan

Biaya Yang Diperlukan Bila Ingin Menjadi Agen
TIKI membuka peluang bagi yang mau membuka perjuangan jasa pengiriman paket dan dokumen. Biaya yang di perlukan untuk membuka waralaba TIKI sebesar 17.500.000. Biaya tersebut mencakup biaya deposit pendirian gerai sebesar 10.000.000, dan 7.500.000 untuk biaya pengurusan izin atribut dan barang-barang logistik.

Selain itu, ada pula persyaratan administratif yang mencakup photo copy KTP, surat keterangan domisili usaha, surat ijin perjuangan perusahaan, NPWP Perusahaan, photo 4x6 sebanyak 4 lembar, akta SIPJT (surat izin pengusahaan jasa titipan), photo lokasi dan spesifikasi bangunan, serta surat pernyataan tidak bekerja sama dengan perusahaan pengiriman lain.

Persyaratan Lokasi dan Gerai Yang Dianjurkan
Untuk membuka sebuah gerai TIKI, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
  • Lokasi Gedung, diutamakan berlokasi di pinggir jalan dan tersedia kawasan parkir kendaraan beroda empat minimal 2 kendaraan. 
  • Standar Gedung, bangunan permanen berukuran minimal 3x3 meter
  • Gerai sesuai standar dari kebijakan TIKI 
  • Memiliki jaringan telepone, fax dan alat tulis kantor, timbangan Digital kapasitas 30 kg dan timbangan Kasar kapasitas 150 kg
Persyaratan Sistem
  • Tersedia minimal 1 unit komputer dan printer
  • Tersedia modem dan USB
  • Punya alamat e-mail sebagai penanggung jawab
  • Tersedia mesin elektronik data capture beberapa bank populer menyerupai Bank BCA, BRI, Mandiri dan BNI
Karyawan dan Jam Operasional
1. Minimal lulusan Sekolah Menengan Atas dan minimal 2 orang karyawan
2. Wajib mengikuti pelatihan yang disediakan
3. Mau melaksanakan penjemputan barang kepada pelanggan disekitar gerai atau agen
4. Berpenampilan menarik, bersedia memakai seragam TIKI serta sehat jasmani dan rohani

Jam buka operasional  TIKI
Senin-Jumat : 08.00-21.00
Sabtu : 08.00-17.00

Informasi mengenai marketing dan keagenan sanggup menghubungi: Divisi Marketing dan Agen. Jl. Pemuda Kav 710-711 Rawamangun Jakarta Timur 13220. Tlp: 021-4704979/Fax; 021-47882480
Advertisement


Pelayanan TIKI
Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan, TIKI tidak pernah berhenti untuk terus selalu berinovasi, apa saja penemuan TIKI?

1.TIKI Mobile Apps
Aplikasi TIKI sanggup terusan melalui smartphone sehingga konsumen lebih simpel untuk mengecek tarif  dan layanan cek barang atau dokumen

2.TIKI Drive Thru
Layanan ini di peruntukan bagi konsumen yang ingin mengirimkan paket  barang atau dokumen tanpa harus parkir kendaraan.

3. TIKI Tooz member
Tooz member ini berupa voucher diskon dan kupon berhadiah, yang sanggup ditukarkan secara online.

Produk-produk TIKI Antara Lain:
  1. SDS (Same Day Service). Layanan pengiriman paket atau barang paling cepat hingga dan pada hari itu juga.
  2. Service INT (International). Layanan pengiriman paket atau dokumen  keluar negeri
  3. Service ONS (Over Night Service). Layanan pengiriman paket atau dokumen dalam waktu sehari
  4. TDS (Two Days Service). Layanan pengiriman paket atau dokumen yang hingga ketempat tujuan dalam waktu 2 hari
  5. HDS (Holiday Delivery Service). Layanan pengiriman paket atau dokumen pada hari libur
  6. REG (Regular). Layanan pengiriman paket atau dokumen yang hingga ke kawasan tujuan antara 3-4 hari
  7. ECO (Economy). Layanan pengiriman paket atau dokumen dengan tarif termurah dan terjangkau
Inovasi Dari TIKI
  1. Jempol (Jemput Online). Layanan penjemputan barang atau paket yang diakses melalui website dan aplikasi
  2. Asuransi. Biasanya yang diasuransikan berupa barang elektronik dan dokumen penting.
  3. Packing. Packing pengiriman berupa amplop, kayu untuk barang pecah belah atau kardus.
  4. Repack. Pelayanan jasa kemasan yang kurang baik menjadi lebih kondusif dan eye catching.
Kelebihan TIKI 
Saat ini TIKI mempunyai 500 kantor cabang yang tersebar dipelosok Indonesia. Tersedianya call center selama 24 jam yang sanggup dengan simpel melaksanakan pengecekan pengiriman pada 9 titik sales counter. Memiliki sistem jaringan dengan dilengkapi komputerisasi sehingga sanggup dimonitor dari awal barang dikirim hingga hingga penerimaan barang. Sumber daya insan yang ramah dan berjiwa melayani telah disiapkan untuk memperlihatkan kepuasan kepada pelanggan.

Prospek Bisnis Dimasa Yang Akan Datang
Indonesia yang mempunyai jumlah penduduk kurang lebih sebesar 250 juta jiwa, urutan ke-4 di dunia, merupakan pangsa pasar yang potensial untuk memasarkan barang maupun jasa. Terlebih 100 juta penduduknya merupakan pengguna setia smartphone dan sangat gandrung berbelanja online.

Perdagangan elektronik atau yang kita kenal dengan sebutan e-commerce banyak bermunculan kolam cendawan di ekspresi dominan hujan. Melihat pasar yang beralih ke internet marketing, perusahaan jasa pengiriman mempunyai pangsa pasar yang luas.Terlebih pelayanan jasa pengiriman barang ini telah tersedia melalui aplikasi smartphone dan simpel digunakan. Pangsa pasar TIKI masih terbuka lebar dengan banyak bermunculan onlineshop dan munculnya perdagangan elektronik atau e-commerce yang semakin berkembang pesat.

Selanjutnya: Waralaba Indomaret, cara bergabung dan persyaratannya.
----
Oke ya, itulah sedikit isu wacana waralaba tiki salah satu perusahaan jasa pengiriman terbaik di indonesia. Semoga isu di atas bermanfaat dan menambah semangat serta ide-ide bisnis kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Dan Penggunaan Akun Ayat Silang Dalam Akuntansi

Download Free Animasi Keren Dan Lucu

Jack Ma: Nantikan Agresi Aku Di Closing Ceremony Asian Games