Rahasia Sukses Orang Jepang Yang Patut Kita Tiru

Rahasia Sukses Orang Jepang Yang Patut Kita Tiru – Jepang yaitu salah satu negara paling maju di dunia, dengan tingkat kesejahteraan rakyat yang tinggi. Hal ini terbukti dengan rendahnya tingkat kemiskinan dan pengangguran di negara yang populer dengan teknologinya tersebut. Sejak jaman perang dulu, jepang memang sudah menjadi negara adikuasa hingga dikala ini.

Keberhasilan negara jepang ini tak lepas dari kiprah masyarak di dalamnya. Dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak, jepang bisa melampaui kemajuan negara-negara yang mempunyai jumlah penduduk lebih banyak. Selain itu, jepang juga tak kaya akan sumber daya alam, tapi bisa melampaui negara yang mempunyai sumber daya alam lebih banyak.

Lalu kenapa jepang bisa menjadi negara kaya dan semaju itu? Padahal penduduk dan sumber daya alamnya tak sebanyak negara lain. Well, jepang menandakan bahwa kuantitas bukanlah segalanya, mereka lebih fokus memaksimalkan kualitas yang dimilikinya. Salah satunya yaitu dengan memaksimalkan potensi penduduk. Ya, jepang yaitu negara dengan kualitas penduduk yang sangat tinggi. Hal inilah yang menyebabkan negara jepang tangguh, maju dan kaya raya.

Pertanyaan selanjutnya, kenapa penduduk jepang bisa mempunyai kualitas yang tinggi? Apa belakang layar sukses orang jepang tersebut? Nah, hal inilah yang akan saya bahas dengan kalian, bagi kalian yang penasaran, bisa simak bahasan di bawah ini:

Sebelumnya, baca juga: Alasan kenapa bisnis orang Tionghoa selalu sukses.

Rahasia Sukses Orang Jepang Yang Patut Kita Tiru Rahasia Sukses Orang Jepang Yang Patut Kita Tiru
Orang Jepang Gemar Bekerja Keras
Ada semacam kebiasaan jelek yang hampir selalu dilakukan oleh masyarakat jepang, yaitu bekerja terlalu lama. Yap, menjadi belakang layar umum bahwa orang-orang jepang ini sering bekerja lebih dari 8 jam kerja, berdasarkan info bahkan ada banyak pekerja yang hingga kehilangan nyawa alasannya terlalu usang bekerja. Seperti tak ada rasa lelah, mereka selalu bekerja keras untuk mencapai hasil yang maksimal.

Tapi saya kira masyarakat jepang mulai lebih menyadari akan ancaman bekerja terlalu usang menyerupai itu, sehingga mereka mulai mengatur waktu dengan lebih baik. Misalnya, dengan tidak membuang-buang waktu kerjanya. Kalau kita bandingkan dengan pekerja di indonesia, nampaknya indonesia masih kalah jauh alasannya saya lihat masih banyak yang tidak memanfaatkan waktu kerja dengan baik, sering kali waktu terbuang untuk bermain-main dengan gadget yang dimilikinya, melamun, atau bahkan ditinggal ngobrol dengan sobat kerjanya.

Pemborosan waktu menyerupai itu tidak akan kalian temui di negara jepang, mereka benar-benar memanfaatkan waktu kerja dengan baik, tahu kapan bermain dan kapan untuk bekerja demi mencapai prestasi yang bisa mereka banggakan.

Memiliki Budaya Malu Yang Sangat Tinggi
Apakah kalian pernah dengar istilah Harakiri? Harakiri yaitu tradisi orang jepang jaman dulu untuk bunuh diri dengan menyobek perut alasannya gagal dalam menjalankan tugas, atau alasannya melaksanakan kesalahan yang memalukan. Budaya tersebut selalu dilakukan oleh masyarakat jepang alasannya rasa malu tidak bisa menjalankan kiprah dan malu yang dimilikinya, maka mereka lebih menentukan untuk melaksanakan Harakiri.
Advertisement


Budaya malu yang dimiliki oleh orang jepang tersebut, bahkan hingga dikala ini masih ada walaupun tidak dilakukan dengan Harakiri. Di jaman modern menyerupai dikala ini, masyarakat jepang biasa mengundurkan diri ketika gagal melaksanakan pekerjaan di kantornya, bahkan akan sangat merasa terhina jikalau lalai dalam melaksanakan pekerjaan. Sehingga, apapun yang terjadi mereka akan selalu ulet bekerja untuk mencapai maksud dari pekerjaannya tersebut.

Kalian sendiri tentu juga sering dengar, bahwa banyak pejabat di negeri matahari terbit ini yang mengundurkan diri alasannya di duga melaksanakan korupsi. Ya, hanya di duga saja mereka sudah merasa memalukan dan lebih menentukan mengundurkan diri dan menganggap dirinya tak pantas lagi bekerja di instansi terkait.

Nah, budaya malu menyerupai ini sangat penting untuk kalian miliki, dengan begitu kau akan termotivasi untuk meraih kesuksesan menyerupai yang orang jepang raih.

Mandiri Sejak Kecil
Di negara jepang, kemandirian yaitu suatu keharusan bagi anak yang sudah lulus Sekolah Menengan Atas ke atas. Hal ini salah satu wujud budaya malu mereka, mereka akan malu ketika tidak bisa hidup secara berdikari sesudah lulus SMA. Tentu kemandirian ini tidak secara mendadak dilakukan, tapi memang sistem berguru mengajar di jepang dibentuk semoga siswa-siswinya berguru untuk berdikari semenjak dini.

Di tingkat Taman Kanak-kanak (taman kanak-kanak) para siswa diajari untuk berdikari dengan cara disuruh membawa tas sendiri, peralatan bermain sendiri, dan bebas dari pantauan orang tua. Di tingkat SD hingga SMA, para siswa bahkan disuruh bersih-bersih area sekolah, mulai dari toilet hingga semua area, jadi jangan harap ada tukang kebersihan di sana.

Dengan adanya didikan semacam itu, terang akan membuat orang yang tangguh kedepannya. Hal ini nampak terang dari kegigihan orang-orang jepang meraih kesuksesan.

Memiliki Loyalitas dan Totalitas Yang Tinggi
Bercermin dari sejarah jepang yaitu para pejuang samurai, orang jepang hingga kini populer dengan totalitas dan loyalitasnya yang begitu tinggi. Dulu, para samurai tersebut, sangat berbakti dan menghormati tuannya, bahkan jikalau tuannya kehilangan kehormatan maka mereka akan menganggap bahwa kehormatannya juga hilang.

Dalam masa modern menyerupai dikala ini, jiwa loyalitas dan totalitas menyerupai inilah yang sangat dibutuhkan, baik dalam bekerja maupun dalam merintis bisnis. Tanpa loyalitas, kau akan gampang bimbang dan menjadi semakin ragu. Tanpa totalitas, kau akan gampang mengalah dan tumbang, dalam hal apapun.

Selalu Berinovasi dan Mengevaluasi
Negara jepang bukanlah negara penemu, sangat jarang orang jepang yang dikenal menemukan dan berkontribusi terhadap ilmu pengetahuan. Tapi kenapa mereka bisa sangat berkembang dan maju menyerupai dikala ini? Jawabannya yaitu alasannya penemuan yang baik dan bisa mengevaluasi dengan tepat. Ya, mereka bisa menginovasi ilmu pengetahuan yang ditemukan orang lain, dan dengan sempurna bisa mengevaluasi ilmu pengetahuan maupun kekurangan dalam inovasinya.

Kita lihat sekarang, kemajuan apa yang tidak ada di jepang? Jangankan ada, mereka justru menjadi produsennya, padahal bukan mereka yang mengawali atau menemukannya.
Advertisement


Menjunjung Tinggi Budaya Mereka
Rahasia sukses orang jepang selanjutnya yaitu alasannya faktor budaya. Yang paling penting bukan alasannya budaya mereka yang lebih baik dari budaya lain, tapi alasannya kehebatan orang jepang dalam mempertahankan budaya mereka sendiri di tengah-tengah gempuran gaya hidup yang semakin ngawur. Kenapa mempertahankan budaya mereka bisa menjadi belakang layar sukses orang jepang?

Bagaimana tidak, lha wong budaya mereka itu kebetulan sangat positif kok, contohnya budaya malu yang udah dijelaskan sebelumnya, budaya membca yang akan dijelaskan di bawah, budaya menghormati sebagai bentuk restu kesuksesan, budaya makan yang sehat hingga kualitas mereka tetap terjaga, dan masih banyak lagi budaya-budaya positif yang hingga dikala ini masih mereka pertahankan.

Bagaimana dengan budaya di Indonesia? Coba pikirkan, indonesia punya budaya yang tidak kalah dari jepang, coba bayangkan jikalau budaya indonesia masih lestari di pertahankan dan dipraktekkan hingga sekarang, terang indonesia tidak akan menjadi negara yang kalah dari jepang.

Orang Jepang Terkenal Gemar Membaca
Hobi kok baca, ya bermanfaat banget lah. Inilah kebiasaan orang jepang yang secara tidak sadar bisa membawa mereka ke tangga kesuksesan. Apapun bacaannya yang penting bermanfaat, niscaya akan membawa manfaat pula. Kita lihat, disela-sela kesibukan mereka, entah kenapa acara membaca itu sangat sering dijumpai, baik di kereta api, di jalan dan hampir dimanapun.

Dan yang paling penting, dari acara membaca tersebut, mereka bisa membuatkan dengan inovasi-inovasi mereka, sehingga tidak terpaku dengan apa yang ada dibuku dan bisa membuat sesuatu yang baru.

Hemat dan Jauh dari Hedonisme
Apa yang terlintas dari pikiranmu ketika kita membahas negara jepang, modern, kekinian, dan semuanya serba maju, bukankah begitu? Tapi tahukah kau kalau orang jepang sendiri itu lebih nyaman hidup sederhana? Percayalah, walaupun dilingkupi dengan teknologi serba canggih, nyatanya masyarakat jepang tidak menyukai hidup penuh dengan keglamouran.

Hal tersebut sangat nampak dari kehidupan sehari-hari mereka, sebut saja dalam hal transportasi. Di sana, transportasi umum lebih banyak dipakai daripada kendaraan pribadi, bahkan mereka juga lebih menyukai jalan kaki daripada naik kendaraan.

Kesederhanaan menyerupai itu juga berimbas terhadap tingkat kesuksesan mereka. Mereka tidak akan terlalu larat jikalau bisnisnya mulai berkembang, malah semakin fokus. Mereka juga lebih “pintar” fokus dalam bekerja daripada sibuk memamerkan hartanya.

Mengedepankan Kerjasama Tim
1 orang profesor jepang mungkin akan kalah dengan 1 profesor dari amerika. Tapi, 10 orang profesor jepang yang saling bekerjasama, tidak akan kalah dengan 10 orang profesor dari amerika. Itulah pepatah yang menggambarkan kekompakan dari kerjasama tim orang-orang jepang. Benar saja, nyatanya bahwa orang jepang lebih suka berhubungan daripada hanya mengandalkan kemampuannya sendirian. Dan ya, hal ini sangat bermanfaat untuk kesuksesan mereka.

Selanjutnya: 10 sekolah bisnis terbaik di Indonesia.
----
Oke ya, itulah beberapa belakang layar sukses orang jepang yang patut kita tiru. Semoga ulasan beberapa belakang layar di atas bermanfaat dan menambah motivasi kalian untuk menggapai kesuksesan. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Dan Penggunaan Akun Ayat Silang Dalam Akuntansi

Download Free Animasi Keren Dan Lucu

Jack Ma: Nantikan Agresi Aku Di Closing Ceremony Asian Games