Zahir Accounting: Software Akuntansi Terbaik Untuk Bisnis Umkm

Zahir Accounting: Software Akuntansi Terbaik Untuk Bisnis UMKM – Pencatatan yakni suatu acara vital dalam kegiatan bisnis. Pencatatan yang menghasilkan laporan keuangan merupakan alat utama untuk setiap perusahaan dalam menilai kinerjanya. Lebih jauh lagi, laporan keuangan dipakai untuk menilai kinerja dan acara bisnis dalam rangka pengambilan keputusan. Tanpa laporan keuangan yang baik, tentu sangat memungkinkan bahwa keputusan yang diambil juga tidak baik.

Di dalam perusahaan besar, laporan keuangan sudah niscaya sanggup disusun dengan baik sebab adanya sumber daya yang mumpuni. Lalu bagaimana dengan para pelaku UMKM, yang notabene tidak semua mempunyai latarbelakang akuntansi? Saya yakin laporan keuangannya belum disusun dengan rapi, tepat dan akurat, padahal laporan keuangan yang rapi, tepat dan akurat ini sangat penting untuk mengembangkan bisnis.

Nah, bagi pelaku UMKM untuk mengatasi permasalahan pencatatan keuangan ini, ada solusinya yaitu dengan memakai software akuntansi. Jumlah dan brand software akuntansi yang ada di indonesia sangat banyak, namun dari banyak sekali pertimbangan maka saya mempunyai rekomendasi terbaik untuk mengatasi permasalahan pencatatan keuangan UMKM, software tersebut yakni Zahir Accounting.

Bukan bermaksud untuk promosi atau semacamnya, tapi saya hanya ingin share pengalaman saja dalam memakai Zahir Accounting, di mana berdasarkan saya merupakan software akuntansi terbaik di indonesia yang dikala ini beredar. Nah, bagi kalian yang mempunyai bisnis dan masih resah bagaimana mencatat keuangannya, silahkan simak beberapa alasan kenapa Zahir Accounting ini saya rekomendasikan kepada kalian. Berikut ulasannya:

Sebelumnya, baca juga: Pentingnya pembukuan akuntansi untuk bisnis UMKM.
 Software Akuntansi Terbaik Untuk Bisnis UMKM Zahir Accounting: Software Akuntansi Terbaik Untuk Bisnis UMKM
Banyak Fitur Yang Bisa diubahsuaikan Kebutuhan Bisnis
Alasan pertama kenapa Zahir Accounting saya rekomendasikan sebagai software akuntansi terbaik yakni sebab banyaknya fitur yang bisa mengatasi segala acara transaksi. Ya, di dunia bisnis tentu terdapat beraneka ragam transaksi yang membutuhkan pencatatan dengan perlakuan yang khusus, contohnya retur, konsinyasi, perakitan, giro, stok opname, perubahan mata uang asing, dan lain sebagainya. Semua transaksi dan acara bisnis tersebut bisa diatasi pencatatannya dengan Zahir Accounting.

Kalau pencatatan secara manual, apapun acara bisnis niscaya gampang dilakukan. Tapi kalau memakai software, belum tentu semua software akuntansi bisa melakukannya. Dan selama saya memakai Zahir Accounting ini, saya belum pernah menemukan jenis transaksi dan acara bisnis yang tidak bisa dicatat di Zahir Accounting.

Mudah Dalam Penggunaan
Alasan kedua, yakni sebab software ini sangat gampang dalam penggunaannya, bahkan yang tidak mempunyai basic akuntansi atau keuangan pun akan terasa gampang menggunakannya. Hanya beberapa jam saja kalian mempelajarinya, saya yakin kalian sudah lancar mengoperasikan sebab Zahir Accounting ini di design begitu gampang dan tidak ribet, hanya tinggal klik dan klik maka laporaan keuangan sanggup tersajikan dengan baik dan akurat.

Tapi semudah apapun penggunaannya, kalian niscaya membutuhkan proses belajar. Oleh sebab itu, pihak Zahir sendiri telah menyediakan trainer-trainer handal untuk membimbing kalian dalam memakai software mereka. Ketika kalian membeli software akuntansi Zahir Accounting, kalian akan mendapat sesi pembinaan gratis dengan trainer dari Zahir, waktu lamanya pembinaan tergantung paket Zahir yang kalian beli. Semakin elok paket yang kalian beli (artinya lebih banyak fitur), maka akan semakin usang pula trainingnya, dan kalian bebas menentukan waktu asalkan dalam jam kerja.

Selain ada sesi pembinaan di awal pembelian paket secara gratis, kalau dirasa perlu maka kalian bisa meminta waktu embel-embel dengan biaya yang cukup terjangkau, kalau tidak salah sekitar 100 ribuan per jamnya. Selain itu, kalau ada duduk kasus apapun sewaktu-waktu, ada CS yang siap membantu menuntaskan duduk kasus via WA atau email. Kalian juga bisa mengunjungi zahir.info untuk mendapat solusi-solusi atas permasalahan yang kalian alami.

Aplikasi Ringan dan Aman
Yang tidak kalah mengesankan dari Zahir Accounting yakni sebab aplikasi ini sangat ringan, bahkan untuk versi 5, cukup membutuhkan low spek komputer, 1GB ram sudah bisa jalan dan lancar jaya. Untuk versi 6, hanya membutuhkan 2 GB ram. Untuk dikala ini, penjualan versi 5 sudah tidak dilayani, jadi kalian membutuhkan komputer atau laptop dengan miniml 2GB RAM. Untuk aplikasi sekomplit ini dengan minimal spek komputer segitu, berdasarkan saya ini yakni bukti ringanya aplikasi Zahir Accounting.
Advertisement


Selain ringan, Zahir Accounting juga terbukti sangat aman. Ada fitur password untuk mengamankan akun, dan ada alat yang dinamakan Dongle untuk mengamankan aplikasi dari pihak yang tidak diinginkan.

Dongle dari Zahir berbentuk menyerupai Flashdisk, ketika kalian akan memakai Zahir Accounting untuk menginput transaksi, kalian harus menancapkan dongle tersebut di port layaknya flashdisk menyerupai biasa. Tanpa dongle, maka transaksi yang kalian input, edit, hapus dan sebagainya, tidak akan besar lengan berkuasa dan akan kembali menyerupai semula.

Bagaimana kalau Dongle rusak atau hilang? Kalau ini hingga terjadi, untuk sementar Zahir Accounting tidak bisa digunakan, dan kalian perlu mengirimkan ke pihak Zahir untuk diperbaiki. Setau saya, kalau perbaiki tanpa mengganti Dongle, maka tidak ada biaya yang harus kalian keluarkan. Tapi kalau Dongle harus diganti, kalian perlu mengeluarkan biaya kalau tidak salah sekitar 300-500 ribu.

Analisis dan Aspek Laporan Yang Lengkap
Selain alasan-alasan di atas, alasan lain yang menciptakan Zahir Accounting menjadi software akuntansi terbaik untuk bisnis UMKM yakni sebab Zahir bisa memperlihatkan analisis bisnis serta jenis laporan yang sangat komplit. Bahkan, Zahir secara otomatis akan berbagi analisis dan laporan yang mungkin tidak pernah kita pikirkan sama sekali. Contohnya yakni laporan hutang piutang, laporan keuntungan rugi per departemen, laporan per project, laporan aktiva, laporan mutasi, produk paling laris dan tidak laku, serta analisi dan laporan lainnya.

Dengan adanya analisis dan laporan yang lebih dari yang diharapkan ini, tentu akan menciptakan semakin gampang kalian dalam mengambil keputusan bisnis. Tidak perlu membuang-buang waktu menciptakan analisis dan laporan ini itu, siapa tau analisis dan laporan yang kalian inginkan memang sudah dibuatkan secara otomatis oleh Zahir Accounting ini.

Kelemahan Zahir Accounting
Tidak ada yang tepat di dunia ini, begitu juga dengan Zahir Accounting yang oleh banyak orang termasuk diri saya dinobatkan sebagai software akuntansi terbaik untuk bisnis UMKM. Nah, selain keunggulannya, saya juga akan memperlihatkan beberapa kelemahan dari Zahir Accounting yang saya alami, berikut ulasannya:

Harga yang Sedikit Lebih Mahal
Kelemahan dari Zahir Accounting yang sangat terperinci yakni dari sisi harga yang cukup mahal. Untuk Zahir versi desktop, paling murah itu sekitar 2.5 jutaan. Dengan harga 2 jutaan gres mendapat fitur standar menyerupai input kas & bank, penjualan & pembelian, dan laporan standar. Untuk menambah fitur, diharapkan biaya yang cukup besar, contohnya tambah fitur retur, giro, perakitan, aset tetap, dan sebagainya. Kalau di kantor saya, dengan biaya sekitar 10 jutaan, gres bisa mendapat Zahir Accounting yang cukup hebat dengan fitur yang terbilang komplit.

Beberapa Kali, Aplikasi Mengalami Force Close
Kejadian ini beberapa kali saya alami, dimana Zahir Accounting ini tiba-tiba keluar sendiri tanpa alasan yang bisa saya pahami. Tapi tenang, insiden ini tidak sering terjadi kok, hanya beberapa kali saja.

Selanjutnya, baca juga: Cara menciptakan laporan keuangan UMKM.
-----
Oke ya, itulah beberapa ulasan terkait Zahir Accounting sebagai software akuntansi terbaik untuk bisnis UMKM di Indonesia. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa memperlihatkan kalian bantun dalam memutuskan software apa yang akan kalian gunakan. Jangan lupa share juga artikel ini ya, thanks dan salam sukses.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Dan Penggunaan Akun Ayat Silang Dalam Akuntansi

Download Free Animasi Keren Dan Lucu

Jack Ma: Nantikan Agresi Aku Di Closing Ceremony Asian Games