Kenali Tanda-Tanda Stres Ketika Nyetir

Ilustrasi jalanan macet (Foto: thinkstock)Ilustrasi jalanan macet (Foto: thinkstock)

Jakarta - Kemacetan ketika berkendara bisa menciptakan pengendara stres. Pengendara pun berisiko kehilangan konsentrasi.

"Apakah macet sanggup mengakibatkan stres? Sebenarnya informasi ini sudah tidak absurd lagi bagi kita, bahwa macet berkaitan erat dengan stres. Pada kenyataannya memang demikian, alasannya ialah kondisi macet sanggup menciptakan individu lelah (fisik), lalu mempengaruhi emosi dan perilaku," ujar
Psikolog klinis dewasa, Christina Tedja, M.Psi, Psikolog

Psikolog yang bersahabat disapa Tina ini menyampaikan stres bahwasanya mempunyai arti yang sangat luas dan bervariasi, namun secara singkat stres sanggup diartikan sebagai sensasi yang menghambat konsentrasi dan kemampuan kita untuk bekerja secara efektif.

"Gejala stres sanggup dilihat dari beberapa aspek menyerupai fisik, psikis, emosional. dan perilaku," kata wanita yang kerap disapa Tina.

"Sebelum mengatasi stres yang tiba kepada kita, baiknya kita perlu piawai dalam mengenali tanda-tanda stres dalam diri kita sendiri lantaran setiap individu mempunyai tanda-tanda stres yang berbeda-beda," ujar Tina.

"Oleh lantaran itu mengatasi stres tergantung dari pada jenis stres yang dialami. Misalnya saja tanda-tanda stres fisik, sanggup melaksanakan olah raga yang sanggup menciptakan otot lebih relaks, dan lain-lain," ucap Tina.

Dan di ketika stres melanda di kala macet datang, ada beberapa tips yang bisa dilakukan di mata psikolog anggun ini.

"Tips and trick yang simple ialah di antaranya positive thinking, relaksasi dengan gerakan yang memungkinkan (stretching minim), atau mungkin bernyanyi," katanya.

"Itu untuk stres yang pure berasal dari macet. Tapi sering kali orang-orang menyalahkan macet. Padahal sebelum terjebak dalam kemacetan sudah membawa stres tersendiri contohnya dari kantor atau dari rumah, itu lebih kompleks. Makanya kuncinya lebih kepada positive thinking dan bisa me-manage diri dan pikiran, kapan waktunya mikirin urusan A, kapan waktunya mikirin urusan B," tutup Tina.

Sumber detik.com

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Dan Penggunaan Akun Ayat Silang Dalam Akuntansi

Download Free Animasi Keren Dan Lucu

Jack Ma: Nantikan Agresi Aku Di Closing Ceremony Asian Games