Pendiri Whatsapp Blak-Blakan Soal Kelakuan Facebook

Brian Acton. Foto: ReutersBrian Acton. Foto: Reuters

Jakarta - Salah satu pendiri WhatsApp, Brian Acton, mendadak melaksanakan wawancara panjang lebar perihal latar belakang kenapa ia tetapkan keluar dari Facebook. Salah satunya pertikaian soal cara monetisasi WhatsApp.

WhatsApp dibeli Facebook sekitar USD 21 miliar di tahun 2014. Prinsip pendirinya, Brian Acton dan Jan Koum, memang bertolak belakang dari Facebook soal iklan. Brian dan Koum benci dengan iklan sedangkan Facebook membangun kerajaan bisnisnya melalui iklan.

Kedua pendiri itu juga sangat mementingkan privasi user. Sedangkan Facebook bahkan telah tersandung skandal penyalahgunaan data user di kasus Cambridge Analytica.



Dikutip detikINET dari Forbes, motto Acton di WhatsApp ialah 'No ads, no games, no gimmicks'. Tapi prinsip itu jadi pudar alasannya ialah bagaimanapun, Facebook tentu ingin menghasilkan uang dari WhatsApp.

Facebook tetapkan akan memonetisasi WhatsApp dengan dua cara. Pertama, memajang targeted ads di fitur status, yang bikin Acton kecewa. "Metode periklanan menyerupai inilah yang membuatku tidak senang," tandas Acton.

Kemudian kedua, Facebook ingin menjual tool untuk pebisnis yang memungkinkan mereka bekerjasama dengan pengguna WhatsApp tertentu. Tapi ada halangan alasannya ialah WhatsApp dilindungi penyandian ketat.

Facebook memang tak berencana membongkar enkripsi tersebut, tapi mencari kemungkinan apakah dapat melaksanakan analisis user di 'lingkungan' yang sudah tersandi.



Soal monetisasi ini, Acton mengusulkan user WhatsApp membayar bila sudah menghabiskan jatah mengirim pesan gratis dalam jumlah tertentu. "Dengan ini, tidak perlu kekuatan penjualan yang besar. Ini ialah bisnis sederhana," kata dia.

Tapi anjuran Acton ditolak oleh Chief Operating Officer Facebook, Sheryl Sandberg dengan alasan metode itu tidak akan menghasilkan banyak uang. Pertentangan itulah yang menjadi salah satu alasan Acton karenanya tetapkan mundur dari Facebook.




Tonton juga 'Wah! Bos Instagram Hengkang dari Facebook?':

[Gambas:Video 20detik]


Sumber detik.com

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Dan Penggunaan Akun Ayat Silang Dalam Akuntansi

Download Free Animasi Keren Dan Lucu

Jack Ma: Nantikan Agresi Aku Di Closing Ceremony Asian Games