Seberapa Penting Storage Besar Untuk Smartphone?

Foto: detikINET/Adi Fida RahmanFoto: detikINET/Adi Fida Rahman

Jakarta - Storage atau penyimpanan tidak sanggup menjadi hal yang diabaikan ketika menentukan smartphone. Kenapa? Tentu saja alasannya ialah biar segala acara lancar dan sanggup digunakan dalam jangka waktu lama.

Oleh lantaran itu, dalam membeli handphone, orang-orang cenderung bertanya mengenai berapa besar RAM dan ROM-nya kepada si penjual handphone. Meskipun bekerjsama mereka tidak mengetahui berapa besaran RAM dan ROM yang ideal untuk mereka.




Bukan cuma besaran, bahkan para pemburu gadget juga belum tentu mengetahui bedanya RAM dan ROM serta fungsinya padahal pengetahuan itu penting untuk menentukan jenis smartphone yang ideal sesuai kebutuhan.

Apa itu ROM dan RAM?

Untuk diketahui, smartphone terdiri dari RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory). RAM mempunyai kegunaan menyimpan data dalam sistem serta besar lengan berkuasa terhadap kecepatan operasi dan kelancaran membuka aplikasi.

Kemudian RAM juga akan menyimpan data instan ketika pengguna membuka aplikasi atau bermain games. Berkat adanya RAM ini, lebih dari satu aplikasi sanggup dijalankan pada waktu bersamaan bahkan ketika berpindah-pindah aplikasi pun, proses instan itu tidak akan hilang

Sementara ROM berfungsi untuk menyimpan data, menyerupai foto, video, musik, aplikasi dalam smartphone. Sama menyerupai RAM. ROM yang penuh sanggup berakibat pada kecepatan smartphone.




Oleh lantaran itu, penting untuk memperhatikan seberapa besar RAM dan ROM yang ditawarkan ponsel incaran. Patut diketahui, ada banyak sekali tipe smartphone dengan ukuran ROM dan RAM yang bermacam-macam pula.

Belakangan, sejumlah produk ponsel memperlihatkan ROM yang besar sampai mencapai 1 TB. Padahal sebelumnya tren memori internal hanya berkisar pada 32 dan 64 GB serta RAM yang juga berkapasitas besar serta chipset mumpuni dengan harga terjangkau. Seperti Huawei Nova 3i yang dijual dengan harga Rp 4.199.000 dengan storage 128 GB, RAM 4 GB serta chipset Kirin 670 710. Cukup terjangkau untuk kalangan menengah ke atas. Penyematan storage ini sempurna guna terlebih untuk menyimpan foto dan video.

Seberapa Besar Storage yang Ideal

Kendati demikian, banyak yang mempertanyakan storage yang ideal untuk smartphone. Vishal Kara, Head of Product di Piriform (pembuat CCleaner for Android) menyampaikan tidak ada hukum baku seberapa ideal RAM yang diharapkan para penggunanya.

"Tak menyerupai PC, di mana penundaan pemuatan aplikasi selama beberapa detik masih sanggup diterima, kalau di smartphone kita berharap aplikasi apapun sanggup dimuat secara instan meskipun kita sedang bepergian," terang ia dalam keterangan tertulis, Senin (17/9/2018).

Sementara berdasarkan pakar Geekbench 4, John Poole, RAM 4GB sebetulnya cukup untuk penggunaan harian lantaran biasanya orang-orang hanya memakai 9 aplikasi per hari dan hampir 30 aplikasi selama sebulan. Meski begitu, yang dibutuhkan sebetulnya hanya 2,3GB per hari untuk mengoperasikan 47 aplikasi untuk sebuah smartphone yang mempunyai RAM sebesar 4GB. Jadi, tak perlu RAM yang terlalu besar alasannya ialah tak perlu adanya suplemen RAM.

"Feeling saya ialah bahwa beberapa vendor terlibat dalam perang spek di mana mereka membekali RAM yang berlebihan sederhananya hanya lantaran selling point saja - mereka sanggup bilang 'Lihat RAM yang kami punya lebih besar daripada pesaing kami, terang smartphone kami lebih baik'," tukas dia.

Seberapa Penting Storage Besar untuk Smartphone?Foto: detikINET/Adi Fida Rahman


Menurut dia, jikalau pun ingin menanamkan RAM yang besar maka membutuhkan tenaga atau baterai yang besar. Kesimpulannya, RAM 4GB sanggup jadi ukuran RAM terbaik untuk sebuah smartphone apabila smartphone itu tak punya solusi untuk menghemat daya.

Oleh lantaran itu, ia menyarankan daripada mempertimbangkan RAM lebih baik melihat seberapa ROM-nya. Makin besar ROM-nya makin layak smartphone itu dibeli apalagi harga smartphone-nya yang terjangkau. Alasan pertama ialah foto dan video tentu akan menguasai memori internal sehingga tidak pernah cukup untuk menampungnya.

Begitu pun bagi para gamers. ROM yang besar akan sangat dibutuhkan untuk menyimpan game, menyerupai Mobile Legends: Bang Bang membutuhan hampir 1GB di memori internal. Makara setidaknya dibutuhkan ROM 64GB yang sanggup menjadi pilihan mainstream untuk smartphone kelas menengah.

Dengan ROM 64GB juga pengguna sanggup leluasa menyimpan tayangan video Standar Definition (SD 480p) sampai HD (1080p). Huawei Nova 3i yang kapasitas RAM 64 GB dan ROM 128 GB, rasanya cukup pas dan ideal untuk penggunaan sehari-hari.

Dengan kapasitas menyerupai itu, pengguna sanggup menyimpan 26 ribu foto dan mengoleksi video tanpa harus repot menghapus file ketika membutuhkan ruang lebih. Anda pun tak lagi kesal dengan notifikasi "Not enough Space" atau "Not Enough Memory" atau "Insufficient Storage Available" di perangkat Android Anda.

Huawei nova 3i juga satu-satunya smartphone yang punya ROM 128GB. Smartphone ini juga menghadirkan fitur-fitur chipset dengan RAM 4GB yang cukup untuk penggunaan harian. Desainnya juga menarik dengan warna gradasi yang mengesankan dan desain ciamik. Huawei nova 3i sanggup menjadi alternatif untuk pengguna yang membutuhkan ROM besar dan RAM yang cukup.


Sumber detik.com

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Dan Penggunaan Akun Ayat Silang Dalam Akuntansi

Download Free Animasi Keren Dan Lucu

Jack Ma: Nantikan Agresi Aku Di Closing Ceremony Asian Games