Telkomsel Dan Xl Sudah Uji Coba 5G, Yang Lain Masih Ditunggu

Agenda program Frequency Goes to Campus di Palembang di antaranya membahas uji coba 5G (Foto: Raja Adil Siregar/detikINET)Agenda program "Frequency Goes to Campus" di Palembang di antaranya membahas uji coba 5G (Foto: Raja Adil Siregar/detikINET)

Palembang - Pemerintah masih menunggu para operator telekomunikasi menggelar uji coba teknologi 5G. Sejauh ini gres Telkomsel dan XL yang melakukannya.

"Sejauh ini gres dua operator yang telah melaksanakan trial teknologi 5G. Adapun 2 operator tersebut, yaitu Telkomsel dan XL Axiata Tbk," kata Sekretaris Ditjen Sumber Daya Perangkat Kementerian Kominfo R Susanto di Palembang, Kamis (13/9/2018).

Menurut Susanto, dalam program bertajuk "Frequency Goes to Campus", uji coba teknologi 5G dilakukan untuk mengetahui kualitas dan frekuensi yang sempurna untuk teknologi itu, termasuk melaksanakan optimalisasi pada teknologi telekomunikasi.




"Kami tentu masih menunggu operator lain untuk uji coba, dengan begitu akan lebih cepat diketahui kualitas maupun investasinya. Melalui uji coba operator sanggup lihat dari sistem back office untuk hasilnya," kata Susanto.

Untuk uji coba, Susanto menyarankan operator sanggup memanfaatkan event-event besar. Salah satunya ibarat di Asian Games 2018 lalu, serta daerah yang banyak pengunjungnya.

"Penerapan teknologi 5G pun harus firm. Jangan hingga sudah diterapkan malah tidak in line dengan peraturan yang ada di ITU (International Telecommunication Union). Kita tidak sanggup mengatur sendiri, apalagi terpisah dengan negara lainnya," ucap Susanto.

Selain Indonesia, negara lain yang sudah melaksanakan uji coba yaitu Korea Selatan, yang melaksanakan uji coba lebih awal semoga sanggup mengetahui teknologi 5G tersebut.



Sumber detik.com

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Dan Penggunaan Akun Ayat Silang Dalam Akuntansi

Download Free Animasi Keren Dan Lucu

Jack Ma: Nantikan Agresi Aku Di Closing Ceremony Asian Games