Cara Mengorganisir Acara Semoga Berjalan Lancar, Efektif, Dan Efisien Sesuai Rencana

Cara Mengorganisir Kegiatan Agar Berjalan Lancar, Efektif, dan Efisien Sesuai Rencana – Kalau kalian terbiasa berada dalam suatu organisasi, niscaya kalian tidak abnormal dengan adanya sebuah program ataupun kegiatan. Yap, niscaya repot dan sangat melelahkan menjadi panitia kegiatan, apalagi jikalau kau belum terbiasa. Baik kegiatan formal maupun informal, niscaya mempunyai hambatan-hambatan tersendiri.

Tapi satu yang jelas, dalam melaksanakan kegiatan, panitia tidak akan terlalu mencicipi capek jikalau semua anggota bekerja pada porsi yang sama secara proporsional. Bagi panitia, selain tujuannya untuk membuat kegiatan yang baik sesuai rencana, tujuan lainnya yaitu melaksanakan kegiatan tersebut secara efektif dan efisien.

Efisien waktu, tenaga dan dana. Efektif dengan cara yang sempurna dan tidak ragu-ragu. Dua sisi dari pelaksanaan suatu kegiatan ini memang terdengar gampang dilakukan, tapi pada kenyataannya dua hal tersebut sering tidak berjalan dengan baik sesuai rencana.

Ada apa? Kenapa sulit dilakukan? Well, hal ini disebabkan lantaran cara yang dilakukan dikala pelaksanaan kegiatan tidak dilakukan dengan baik. Bagi pemula, mungkin cara asal-asalan sanggup dilakukan, tapi bagi seorang professional, tidak semua cara sanggup dilakukan, harus benar-benar cara yang efektif dan efisien.

Nah, cara menyerupai apakah yang sanggup dilakukan untuk mengorganisir kegiatan biar berjalan lancar, efektif, dan efisien sesuai yang direncanakan? Gampang, berikut cara yang sanggup kau lakukan:

Sebelumnya, baca juga: Cara mengatasi konflik dalam organisasi.

Cara Mengorganisir Kegiatan Agar Berjalan Lancar Cara Mengorganisir Kegiatan Agar Berjalan Lancar, Efektif, dan Efisien Sesuai Rencana
Tentukan Tema Kegiatan, dan Garis Besarnya
Kehilangan tema atau tidak menentunya tema kegiatan, akan mengakibatkan persiapan dan pelaksanaan kegiatan menjadi kacau balau. Seperti halnya kau dijalan, jikalau kau tau mau kemana maka lezat perjalanan yang ditempuh, jikalau tidak tau tujuan mungkin hanya capek dan ketidakjelasan yang kau dapat. Begitu juga dalam mengorganisir kegiatan, tema, tujuan, dan garis besar kegiatan akan sangat membantu dalam merancangnya.

Merancang kegiatan itu banyak hal yang perlu diperhatikan, menyerupai isi kegiatan, dana, dan imbas dari kegiatan itu sendiri. Bisa kau bayangkan apa yang akan terjadi jikalau tema kegiatan tidak jelas, dilihat isinya mungkin akan berantakan, dari sisi dana tidak akan efektif dan efisien, serta dari sisi imbas mungkin hanya menyerupai angin yang berlalu. Pada dasarnya, sanggup dibilang bahwa tema sanggup dijadikan alat kontrol dalam mengorganisir kegiatan.

Plot Anggota Sesuai Keahliannya
The right man in the right place, tempatkanlah seseorang yang sempurna pada kawasan yang tepat. Ya, ini yaitu cara klasik yang terbukti ampuh. Pertama, dikala kau menjadi pemimpin sebuah kegiatan, kau harus membuat beberapa tim dengan kiprah yang berbeda-beda, katakanlah tim penyusun acara, konsumsi, perkap & dokumentasi, keamanan, dan lain-lain. Setiap tim tersebut, harus mempunyai pemimpin sendiri. Nah, dikala menentukan pemimpin dari masing-masing tim, pilihlah pemimpin yang memang hebat dalam bidangnya, dan mempunyai pengalaman yang banyak.
Advertisement

Sedangkan untuk anggota masing-masing tim, sanggup diubahsuaikan sesuai kondisi yang ada. Misal, jikalau tim tersebut tugasnya angkat-angkat barang berat, jangan pilih yang lemah fisiknya, kalau tim yang membutuhkan pemikiran, pilihlah anggota yang mempunyai kecerdasan tinggi, begitu juga dengan tim-tim lainnya.

Jika kau sempurna menentukan orang untuk memimpin tiap tim, sudah niscaya kegiatan akan berjalan lancar, efektif dan efisien. Ingat, saran saya jangan biarkan orang yang belum mempunyai pengalaman di bidang A, memimpin tim A, setidaknya harus sudah pernah beberapa kali menjadi anggotanya terlebih dahulu.

Jangan Remehkan Hal Kecil
Apa kau percaya, hanya lantaran sebuah paku, perang sanggup gagal dihentikan? Saya sendiri percaya hal tersebut, dan begitu juga dengan sebuah acara. Dengan adanya hal sepele yang diremehkan, program sanggup gagal diselenggarakan, atau setidaknya kegiatan menjadi awut-awutan tidak sesuai dengan yang direncanakan.

Saya mempunyai pelajaran berharga terkait meremehkan hal kecil menyerupai ini. Salah satunya dikala masa KKN dulu, tim saya mengadakan program jalan sehat, dan dikala itu saya tidak memikirkan bagaimana caranya menyebrang jalan (jalurnya memotong jalan), dan apa yang terjadi? Semua akseptor menyebrang jalan dengan tidak rapi, hal ini terang membahayakan peserta, sehabis itu saya kena semprot deh oleh pihak keamanan.

Terlihat sederhana, tapi percayalah bahwa hal-hal kecil menyerupai ini akan berdampak spesifik jikalau tidak diatur, setidaknya niscaya akan memperlambat jadwal dan membuat kejutan yang tidak mengenakkan.

Intensifkan dan Fokuskan Rapat
Bagi sebagian orang, rapat tentu akan terasa membosankan, walaupun memang benar tapi kita harus selalu melakukannya. Kenapa? Jelas lantaran dalam rapat akan terbangun komunikasi, dan komunikasi inilah yang paling penting dipakai untuk berkoordinasi dalam tim maupun antar tim.

Selain rapat dalam tim yang membahas tugasnya sendiri, kau juga harus selalu mengadakan rapat antar tim, gunanya untuk mendengar apa-apa saja yang direncanakan oleh masing-masing tim. Misalnya, tim konsumsi, di sini mereka sanggup share planning makanan dan minuman apa saja yang akan di berikan, dan bagaimana mendistribusikannya.

Hal ini niscaya berkaitan deng tim lainnya, tumpuan dari tim konsumsi tersebut niscaya berkaitan dengan tim keuangan, apakah sanggup menyediakan anggaran sesuai makanan dan minuman yang direncanakan? Selain dengan tim keuangan, niscaya akan berkaitan juga dengan tim transportasi, sanggupkah mendistribusikan konsumsi yang telah direncanakan?

Nah, itu hanya sedikit tumpuan saja, niscaya dalam rapat besar menyerupai ini antar tim akan berkoordinasi. Jadi, jangan malas-malas untuk melakukannya!

Selanjutnya: Cara menjadi pemimpin yang baik.
-----
Oke ya, itulah beberapa cara mengorganisir kegiatan biar berjalan lancar, efektif dan efisien sesuai yang direncanakan. Semoga cara-cara di atas bermanfaat dan membantu kelancaran semua kegiatan yang akan kalian laksanakan. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Dan Penggunaan Akun Ayat Silang Dalam Akuntansi

Download Free Animasi Keren Dan Lucu

Jack Ma: Nantikan Agresi Aku Di Closing Ceremony Asian Games